Posted by: calakan | December 18, 2010

Qur’an of The Day : Surat Yusuf ayat 15-18

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf 15-18:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

15. Maka ketika mereka membawanya dan sepakat memasukan ke dasar sumur, Kami wahyukan kepadanya, “Engkau kelak pasti akan menceritakan perbuatan ini kepada mereka, sedang mereka tidak menyadari.”

16. Kemudian mereka datang kepada ayah mereka pada petang hari sambil menangis.

17. Mereka berkata, “Wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergi berlomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat  barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala; dan engkau tentu tidak akan percaya kepada kami, sekalipun kami berkata benar.”

18. Dan mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) darah palsu. Dia (Ya’qub) berkata, “Sebenarnya hanya diri kalian sendirilah yang memandang baik urusan yang buruk itu; maka hanya bersabar itulah yang terbaik (bagiku). Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kalian certiakan.”

Syaikh Prof. Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

15.  Tatkala saudara-saudara Yusuf membawanya dan tekah sepakat serta bertekad memasukannya ke dasar sumur, maka setelah dimasukan ke sumur , Kami memberikan ilham kepada Yusuf untuk menghiburnya (saat itu dia masih berusia sekitar 17 tahun), “Nanti  engkau akan bercerita tentang perbuatan saudara-saudaramu itu  kepada mereka sendiri, sedangkan mereka tidak menyadari bahwa engkau Yusuf,” (sebagaimana akan disebutkan dalam ayat 89)

16. Setelah kembali ke rumah pada sore hari, mereka berpura-pura menangis untuk menutupi perbuatan  mereka serta memberi kesan kepada sang ayah bahwa mereka berkata jujur.

17. Mereka berkata, ” Ayah, kami pergi untuk adu berlari, memanah, dan menunggang kuda. Kami meninggalkan Yusuf untuk menjaga pakaian dan barang-barang kami. Ternyata serigala memakannya pada saat kami jauh darinya. Engkau tidak mungkin percaya kepada kami , sekalipun kami berkata jujur. Sebab, engkau berprasangka buruk kepada kami, menuduh kami berdusta, dan engkau sangat mencintai Yusuf.”

18. Mereka datang mebawa baju Yusuf yang berlumur darah palsu, bukan darah Yusuf. Ketika melihatnya, Ya’qub berkata kepada mereka setelah mengetahui kedustaan mereka, “Serigala tidak memakan Yusuf. Akan tetapi, kalian memandang baik perbuatan buruk terhadap saudara kalian itu. Maka, aku harus benar-benar bersabar : (tidak mengeluhkannya dan tidak menampakan kesedihan kepada seorang pun). Aku hanya memohon pertolongan kepada Allah mengenai Yusuf yang kalian ceritakan dengan dusta.”

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: