Posted by: calakan | March 25, 2008

tips-tips naek angkot di bandung

pernah ke bandung? pernah tinggal dibandung? tentu akan kenal dengan yang namanya angkot. ya, angkot adalah akronim dari angkutan kota. sesuai dengan namanya, angkot merupakan alat tranportasi pengangkut manusia. dibandung banyak sekali angkot yang melayani berbagai jurusan, beberapa ada yang beroperasi 24 jam so jangan khawatir jika anda pulang malam-malam dan gak punya uang yang cukup untuk menyewa taksi… tunggu angkot aja lagi🙂

karena angkot merupakan angkutan transportasi yang murah meriah, so jangan minta yang macem2 ya entah itu pelayanan atau kenyamanan dalam berangkot ria. berikut ada beberapa tips dan trick untuk membuat anda nyaman naek angkot saya…

pertama, duduklah dibelakang sopir. kenapa? posisi dibelakang supir menurut saya adalah posisi paling nyaman, pertama karena anda akan terhindar dari proses geser menggeser tempat duduk, so no matter how often passenger come in and out you don’t have to bergeser, just steady… heuheuheu… english campur sari buoy. kedua, dengan duduk dibelakang supir merupakan tempat duduk yang relatif aman. sudah bukan sesuatu yang aneh kalau sebagian supir angkot mempunyai hasrat untuk menjadi pembalap profesional, sayang sekali hasrat itu tidak kesampean jadinya ya disalurkan sambil naek angkot. alih2 jadi angkutan menuju jurusan tertentu, kadang2 saya merasa naek angkot seperti naik angkutan menuju neraka… fiuh, beware lah teman2, apalagi naek angkot malem2, terus ketemu sesama angkot sesama jurusan dalam arah yang sama, dijamin dah jantung anda berdetak kencang. sensasinya bisa ngalahin dari naek tornadonya dufan, nyahahahaha… di dufan aja pake seatbelt, keamanan dijamin nah kalau naek angkot? silahkan dibayangkan…. ketiga, duduk dibelakang supir, bisa estimasi berapa ongkos yang harus dibayar ketika turun, karena anda bisa lihat penumpang lain saat memberikan ongkos. saya sering menemui supir2 nakal yang menipu penumpang luar kota dengan menaikan ongkos dari ongkos normal karena penumpang dari luar kota itu baru ke bandung. so duduk dibelakang supir anda bisa melihat berapa ongkos yang dikeluarkan penumpang lain. keempat, buat anda yang omes… ah gak enak ngelanjutinnya, silahkan dibayangkan sendiri. just fyi, duduk dibelakang supir itu tepat didepan pintu keluar masuk penumpang, so andai saja ada penumpang perempuan dengan berpakaian *ehm* ya you know what i mean lah. kelima, pada saat anda akan turun, untuk angkot dibandung, untuk menghentikan angkot bilang “kiri” maksudnya minggir ke kiri buat berhenti, duduk dibelakang supir berarti anda tidak harus teriak untuk menghentikan angkot… he he he he….

kedua, siapkan uang pas/kecil untuk bayar angkot. kenapa ? hal ini penting untuk menghindari: penaikan ongkos oleh sopir karena disangka penumpang dari luar kota. sebagian sopir ada yang nakal dengan melebihkan tarif angkot jika diketahui sang penumpang dari luar kota. so sebaiknya berikan ongkos yang pas, sebaiknya jangan kasih uang yang besar e.g 50 rebuan, kalau gak mau kena semprot sang supir dan ditipu karena dinaikan.

ketiga, naiklah angkot dari tempat yang relatif tidak memungkinkan angkot untuk ngetem. adakalanya ketika anda sedang terburu2, naik angkot bukanlah pilihan yang tepat. seringkali angkot menunggu disuatu tempat, biasanya kelokan. so kalau anda berada dikelokan, berjalanlah beberapa meter terlebih dahulu, tunggu angkot yang tidak ngetem. jika tidak, anda bisa tersiksa sendiri dan kesal sendiri karena harus menunggu angkot penuh terlebih dahulu baru bisa jalan. kalau lagi buru2, pokoknya makan ati deh, mending kalau ditemenin teh botol sosro…

demikian tips-tips dari saya untuk kenyamanan anda naik angkot dibandung. sebaiknya anda menyiapkan ongkos sebelum turun dari angkot. sering kali saya menemukan penumpang angkot yang baru mengeluarkan dompet untuk mengambil uang untuk membayar ongkos angkot. menurut saya ini benar2 tidak efisien, membuang2 waktu angkot dan yang paling utama, angkot dibandung bisa berhenti dimanapun dan kapanpun sesukanya dia, tidak peduli itu kelokan, lampur merah, jalan lagi macet, klakson mobil dibelakang berdering menderu2, sopir2 angkot itu serasa pemilik jalan. so memangkas waktu pembayaran angkot akan benar2 menghemat waktu sopir, anda dan penumpang yang lainnya. lagian bukannya saat naek angkot anda tidak ada yang dikerjakan selain ngelamun, atau yang lainnya? yang jelas anda bakal punya waktu untuk sekedar menyiapkan uang untuk bayar ongkos.

ok deh segini dulu tips-tips naek angkot…. ja mata nee


Responses

  1. Halow, boleh gak kalau tulisan tips naek angkotnya dimuat di website Mahanagari. Link dan penulis bakal dicantumin, hehehe. oiya mangga liat dulu webnya : http://www.mahanagari.com (semua tentang Bandung disini ;D). hatur nuhun yaaaa

    • wah dengan senang hati… mangga silahkan, senang kalau tulisan saya bisa masuk blog itu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: