Posted by: calakan | January 1, 2009

hati dan shalat

apa persamaan dari keduanya? berikut adalah hadits mengenai hati :

“Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, maka akan menjadi baik semuanya, dan apabila segumpal daging itu jelek, maka akan jeleklah semuanya, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). ”

dan berikut adalah hadits mengenai shalat :

Amal yang pertama kali akan dihisab  untuk seseorang hamba nanti pada hari kiamat ialah shalat, maka apabila shalatnya baik (lengkap), maka baiklah seluruh amalnya yang lain, dan jika shalatnya itu rusak (kurang lengkap) maka rusaklah segala amalan yang lain (Thabrani) 

dari kedua hadits diatas, my simple opinion : hati dan shalat bisa menjadi parameter bagi kita untuk menghisab diri kita. maksud saya begini, tengoklah diri-diri kita apakah sudah mempunyai prilaku yang baik? akhlak yang mulia? jika tidak berarti masih ada yang salah dengan hati kita dan perlu kita perbaiki. 

jika kita telaah secara fisik sekalipun, hati dalam tubuh manusia memiliki fungsi untuk menetralisir racun-racun yang ada didalam tubuh. apabila dia berfungsi dengan baik, maka baiklah anggota badannya. akan tetapi jika dia gagal menjalankan fungsinya maka insya Allah, keadaan gawat akan segera terjadi karena tubuhnya akan segera teracuni.

adapun  dengan ibadah shalat kita, shalat bisa menjadi parameter keberhasilan amal kita dihadapan Allah SWT. apabila shalat kita baik, niscaya baik pula amal yang lain. 

yang menarik lagi adalah konon katanya shalat yang baik itu adalah shalat yang bisa menghadirkan hati ketika shalat tersebut, yang mungkin lebih dikenal dengan shalat khusyu. nah nah nah, ternyata ada hubungan langsung antara shalat dan hati. dan saya melihat ada ketergantungan langsung antara shalat dan hati.  jika ingin shalat kita baik, maka kita harus bisa menghadirkan hati kita ketika shalat (which is = shalat khusyu) dan kalau ingin hati kita baik, kita harus mampu shalat dengan baik… seperti firman Allah SWT  yang kira2 begini bunyinya: “sesungguhnya shalat itu bisa mencegah kamu dari perbuatan keji dan mungkar…”

wallahu’alam bishowab….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: