Posted by: calakan | January 23, 2009

membantu muslim palestina atau muslim di negeri sendiri?

sampai beberapa waktu yang lalu saya tidak mampu menjawab pertanyaan diatas, ketika saudara-saudara kita di palestina dibantai dengan sadisnya oleh zionis israel laknatullah alaihim, kemudian kaum muslimin indonesia dengan spontan menggalang bantuan sebagai bentuk solidaritas kecintaan mereka terhadap saudara seimannya ada sebagian yang mempertanyakan : mengapa kita harus membantu mereka yang nun jauh disana, sedangkan ada kaum muslimin disini yang sedang mengalami kesusahan juga?

jujur saja, pada awalnya saya bingung bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. alhamdulillah setelah saya membaca artikel ini saya mendapatkan pencerahan. dan setelah saya renungkan kembali orang-orang yang menanyakan hal diatas adalah mereka yang boro-boro mau mengeluarkan uang mereka untuk membantu kaum muslimin nun disana di palestina sana akan tetapi merekapun bakhil untuk mengeluarkan harta mereka untuk membantu sesama saudaranya disini.

ucapan mereka tidak lebih karena disebabkan kedengkian yang ada di hati mereka, mereka tidak mau melihat kaum muslimin solid. mereka yang membantu menyisihkan sebagian hartanya dijalan Allah untuk saudaranya di palestina, adalah orang-orang yang juga menyisihkan sebagian hartanya juga untuk membantu saudaranya di negerinya sendiri (misalnya pada saat ada bencana alam dll)

buat saudara-saudaraku sesama kaum muslim, berhati-hatilah dengan ucapan-ucapan manis yang seolah-olah benar (seperti ungkapan diatas) sekilas nampak benar, seperti yang saya alami. pada awalnya saya berpikir : oh iya ya, bener juga… tapi setelah saya renungkan kembali, kemudian saya bertanya : emang mereka (orang2 yang mempertanyakan ‘bukankah lebih baik membantu kaum muslim di negeri sendiri’) mau atau sudah menafkahkan sebagian rizkinya untuk membantu saudaranya di negeri sendiri itu? i’m definitely sure 100% mereka tidak melakukan itu (menyisihkan sebagian rizkinya) paling-paling pada saat ditanya, kenapa kamu tidak menafkahkan sebagian rizkimu untuk membantu saudaramu? mereka menjawab : boro-boro bantu orang lain, diri sendiri aja belum punya mobil…

bakhil is bakhil, my friends… so kalau ada yang menanyakan lagi pertanyaan : mengapa mesti repot-repot bantu muslim di palestina sedangkan muslim di indonesia sendiri kesusahan? jawab saja : ah tipikal lu, tipikal bakhil… aka qorun


Responses

  1. mungkin bertanya2 seperti ini yang diceritakan dalam surat albaqarah ya


Leave a Reply

Categories

