Posted by: calakan | February 1, 2009

mari berolahraga

alhamdulillah, minggu ini saya mulai rajin berolahraga kembali. ya lari-lari kecil aka jogging di lapangan sabuga. saya menjadwalkan lari setiap hari rabu dan sabtu. khusus hari sabtu, karena ada senam aerobik di sabuga, jadi saya menyempatkan diri untuk beraerobik terlebih dahulu sekitar 1 jam-an dari jam 1/2 7 sampai jam 1/2 8

untuk minggu ini, alhamdulillah hari rabu saya bisa dapat berlari-lari kecil 3 keliling dan berjalan-jalan 3 keliling total 6 keliling, dan alhamdulillah di hari sabtunya saya bisa berlari-lari kecil 6 keliling dan berjalan-jalan 4 keliling. peningkatan yang cukup signifikan, bukan?

ada cerita menarik dibalik peningkatan kemampuan berlari saya, dari yang asalnya saya kuat cuman 3 keliling saja pada awalnya dan kemudian 3 hari berikutnya saya mampu menambah 3 keliling lagi

(intermezo dulu, saya paling suka lho angka 3, ntah kenapa sejak sd saya tidak suka ranking 1, saya lebih memilih jadi juara 3. entahlah saya suka dengan no 3 ini…)

back to topic :
jadi apa cerita menarik dibalik kesuksesan saya berhasil meningkatkan kemampuan berlari saya, bahkan ketika saya berlari itu setelah saya melakukan aerobik terlebih dahulu, dimana seharusnya saya jadi lebih lemes karena sudah melakukan aktifitas lainnya dahulu sebelum berlari? rahasianya adalah : temukan kecepatan maksimal, hingga kamu bisa saving energi kamu untuk berlari sebanyak keliling yang menjadi target kamu. itu kuncinya menurut saya.

dan alhamdulillah sudah saya praktekan hari sabtu kemarin. saya menemukan teori ini, ketika saya selesai beraerobik saya berniat menambah 1 atau 2 kali jogging, tapi karena saya sudah melakukan jogging terlebih dahulu jadi saya berusaha lari dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat dari biasanya saya melakukan jogging. tapi ajaib, setelah 2 keliling saya berlari dengan kecepatan itu saya tidak merasakan lelah yang berarti pada betis saya (dimana biasanya dengan kecepatan lari sebelumnya, setelah 1 keliling saya merasakan pegal yang cukup membuat saya menurunkan target lari saya dari 6 keliling jadi 3 keliling saja)

alhasil, saya menjadi optimis (pada saat saya telah menyelesaikan 2 keliling itu) bahwa saya mampu menyelesaikan 6 keliling, bahkan lebih dari itu. saya yakin mampu berlari 7 keliling (walaupun pada akhirnya saya hanya menyelesaikan 6 keliling saja, tapi bukan karena saya kelelahan melainkan saya “cukup puas” dengan hasil yang saya capai kemarin itu).

kemampuan saving energi ini, ternyata memang dipraktekkan oleh para pelari jarak jauh atau pelari marathon. para pelari marathon, tentu pada saat start dimulai mereka tidak serta berlari dengan kecepatan sprinter hanya untuk menjadi no 1 di menit awal saja, bukan? mereka berlari dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat tapi pasti sesuai dengan target mereka.

hal menarik lainnya adalah : fokus, dan jangan membandingkan dengan orang lain. pada saat saya berlari, ada beberapa orang yang menyalip saya beberapa orang memang meninggalkan saya, tapi sebagian yang lain akhirnya saya salip juga. beberapa yang saya bisa salip lagi dugaan saya adalah mereka yang menghabiskan energi di awal, dan kemudian hilang energinya sebelum mereka mampu mencapai target mereka (jika mereka mempunyai targe…, entahlah ini hanya dugaan saya saja). intinya, jangan iri sama orang lain , biarkan saja, bisa jadi mereka adalah yang sudah terbiasa lari (pembenaran). stay focus on your own pace and your own target.

kalau saja saya terpengaruh dan saya berusaha mempercepat lari saya, boleh jadi target saya menjadi tidak tercapai karena saya telah kehabisan energi di tengah perjalanan (itu yang saya doktrinkan pada diri saya sendiri pada saat saya lari)

itulah 2 pelajaran yang saya bisa ambil dari episode olahraga di sabuga sabtu kemarin, kita lihat rabu besok apakah saya masih mampu mempertahankan teori saya. saya akan mengujinya kembali di track sabuga, rabu besok mudah2an benar adanya… hihihi mari berolahraga… sore ja matane


Leave a Reply

Categories

