Posted by: calakan | February 9, 2009

waktu…

beberapa waktu yang lalu, pada saat kuliah shubuh di salman disinggung mengenai surat Al-‘ashr. pada surat tersebut Allah SWT bersumpah dengan waktu, bahwa sesungguhnya manusia itu berada dalam suatu kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. berikut terjemah lengkap yang di ambil dari terjemah Al-Qur’an 7 in one prof. dr wahbah zuhaili :

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

  1. Demi masa
  2. sungguh, manusia berada dalam kerugian
  3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran

berikut tafsirnya :

1,2. Allah bersumpah demi ‘Ashr, yaitu masa, karena didalamnya terdapat berbagai pelajaran dan keajaiban. sungguh, manusia berada dalam kerugian yang besar karena berniaga dengan setan dan lebih mendahulukan dunia. jika mereka berniaga kepada Allah dengan cara menaati-Nya dan lebih mementingkan akhirat, niscaya mereka mendapatkan keuntungan yang abadi. pernyataan ini merupakan jawaban sumpah, demi masa.

3 . manusia akan merugi kecuali mereka yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, beramal shaleh sesuai dengan perintah Allah, dan saling berpesan dengan kebenaran, yaitu melaksanakan syariat Allah, seperti beriman kepada-Nya dan menauhidkan-Nya, mengerjakan perintah-Nya, serta menjauhi larangan-Nya. kebenaran ini mencakup segala kebaikan dan keutamaan. selain itu, manusia juga harus saling berpesan untuk bersabar dalam melaksanakan ketaatan, menjauhi kemaksiatan, dan menghadapi musibah. pernyataan ini termasuk dalam kategoriĀ  menghubungkan ungkapan khusus dengan ungkapan umum. sebab sabar termasuk bagian dari kebenaran.

keutamaan surat Al-‘Ashr

Ath-Thabarani meriwayatkan, Ubaidillah bin Hafsh berkata “jika dua orang sahabat Rasulullah bertemu, mereka tidak berpisah sebelum salah seorang dari mereka membaca surat al-‘Ashr, lalu salah seorang dari mereka mengucapkan salam kepada yang lain.”

beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah buku tentang metode mewujudkan mimpi, salah satu yang dibahas dalam buku tersebut adalah manajemen waktu. ada ungkapan menarik dalam buku tersebut mengenai waktu : “anda bisa menghamburkan uang sebanyak yang ada punya, dan entah bagaimana (somehow) anda bisa mendapatkannya kembali sebesar uang yang anda hamburkan. akan tetapi jika anda menghamburkan waktu anda, maka anda tidak bisa mendapatkannya kembali”

dan benarlah firman Allah dalam surat al-‘Ashr tadi, kita benar-benar rugi jika tidak memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya karena waktu tak pernah kembali. masya Allah, wahai Tuhan kami ampunkanlah kami, dan jadikanlah kami orang-orang yang pandai memanfaatkan waktu hidup kami. Amiiiin…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: