Posted by: calakan | February 13, 2009

review jum’at minggu ini : ujian

Bismillah
Assalamu’alaikum wr,wb.

jum’at kali ini, saya jum’atan di mesjid BATAN.. duh lupa singkatannya, tapi sebenernya udah ganti nama deh kalau gak salah, yang jelas lokasinya dekat dengan kantor saya. letaknya di jalan taman sari atas, dekat ke sabuga. penceramahnya adalah Pak ustadz Surahman dari padasuka (alhamdulillah inget).

ceramah yang beliau sampaikan mengenai ujian, sayang beliau tidak menyebutkan surat apa dan ayat ke berapa. yang bisa saya tangkap seh kira-kira begini Allah berfirman bahwa Allah SWT akan menguji orang-orang yang beriman seperti juga Allah SWT telah menguji orang-orang yg beriman sebelumnya dengan kesulitan hingga sampai-sampai orang beriman itu berkata “kapankah pertolongan Allah tiba”? maka sesungguhnya pertolongan Allah SWT itu sangat dekat.

dahulu ada sahabat yang bertanya seperti itu pada Rasulullah Muhammad SAW, dan beliau mengatakan pada sahabat tersebut. sesungguhnya dahulu ada orang-orang beriman yang diuji dengan kesulitan, sampai-sampai ada kepalanya yang di gergaji hingga terbelah menjadi dua, ada yang disisir dengan sisir besi hingga dagingnya tercerai-berai…

jujur saja, pada saat saya diingatkan kembali hadist diatas saya ngeri membayangkannya. ternyata ujian yang saya alami, belum seberapa. hanya karena saya belum dikasih pendamping hidup, saya sudah mengeluh banyak sama Allah, *ya Allah saya udah gak kuat neh pengen nikah* astagfirullah.. dibandingkan ujian-ujian orang-orang zaman dahulu, gak ada apa-apanya. atau dibandingkan ujian yang diterima saudara kita di palestin, gak ada apa2nya…

Tapi, Allah Maha Bijaksana dan Maha Adil, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an bahwa Allah tidak akan menguji hamba-Nya melampaui kesanggupannya. mungkin baru segini iman saya *duh lemah amat yaa*,  bukan bermaksud menantang ujian Allah lho… tapi saya pasrah sekarang mah, Allah lebih tahu daripada saya tentang masa depan saya, tentang hidup saya, tentang jodoh dan rizki saya. why should i worry about all that?

Rabb, hamba berserah diri padaMu… Engkau Maha Tahu segalanya, ampunkan dosa hamba, dan hamba berlindung dari keinginan/permintaan yang tidak ada pengetahuan hamba atasnya seandainya Engkau tidak menaruh belas kasihan pada hamba dan tidak mengampuni hamba, niscaya hamba termasuk orang yang merugi… Astagfirullah!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: