Posted by: calakan | March 5, 2009

failure…

seberapa sanggup kita mentolerir sebuah kegagalan? adalah (menurut saya) seberapa kenal kita dengan kegagalan tersebut. untuk saya sendiri, saya berani katakan bahwa saya cukup mengenalnya. kegagalan dalam bidang asrama eh asmara, misalnya setelah berulang kali ditolak beberapa wanita tidak beruntung kemudian saya menyadari bahwa jodoh it’s not about we want it, but it’s something Allah was planned for us. she will came in right place and time, at the right moment…

saya tidak bisa membayangkan orang yang biasa hidup selalu berhasil, akan dapat mentolerir sebuah kegagalan. mungkin bagi mereka yang seperti itu, kegagalan adalah sebuah aib yang tidak boleh terjadi. tapi… apakah harus seperti itu? bukankah Allah Maha Pengampun? dan bukankah manusia itu tempatnya salah dan dosa? siapakah kita yang tidak mampu mentolerir suatu kegagalan?

dan yang lebih parah adalah ketika kita tidak mampu memaafkan kegagalan orang lain, kalau saja dia tidak bisa memaafkan atas kegagalan dirinya sendiri seh lain masalah. toh tidak akan kemudian merugikan/menyalahkan orang lain atas kegagalan tersebut. tapi lain halnya ketika dia tidak mampu memaafkan/memaklumi kegagalan orang lain. saya tidak mampu membayangkan hidup berinteraksi dengan orang seperti itu. apalagi sampai membandingkan kegagalan orang lain dengan keberhasilan dirinya sendiri, misalnya.

sudah fitrahnya manusia membuat kesalahan/kegagalan dan dengan itu dia belajar memperbaiki diri menuju sukses. dan kita bisa banyak belajar dari orang-orang yang benar sukses dalam hidupnya, tanya pada mereka apakah mereka pernah gagal? saya tahu pasti jawabannya adalah pernah.

dan adakah orang yang benar-benar sukses, dan tidak pernah gagal dalam hidupnya? sayapun tahu pasti jawabannya adalah tidak ada.


Leave a Reply

Categories

