Posted by: calakan | March 5, 2010

Al-Qabidh : Maha mengendalikan

Salah satu acara favorit saya di pagi hari adalah menonton acara Titian Qalbu di TV One yang tayang jam setengah empat pagi, apalagi kalau pak Aam yang jadi pengisi acaranya dan kebetulan topik yang selalu dibahas Pak Aam adalah topik yang paling saya suka yakni mengenai Asmaul Husna Allah SWT.  Tadi pagi, Asmaul Husna yang dibahas adalah mengenai Al-Qabidh, yakni yang Maha Mengendalikan. Saya tidak cukup banyak mengingat apa yang disampaikan oleh Pak Aam, tapi ada suatu bagian yang saya ingat yakni mengenai mengenal diri sendiri. Jadi kata Pak Aam (maaf kalau salah kutip) untuk bisa mengaplikasikan Al-Qabidh dalam kehidupan sehari-hari(mengendalikan diri ) maka kita harus tahu dan mengenali diri kita. Dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’aarij Allah SWT berfirman :

[70:19] Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.
[70:20] Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah
[70:21] dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,

Begitulah informasi yang Allah sampaikan pada kita melalui kitab-Nya.  Selain itu pada ayat yang lain, pada surat Al-Anbiya, Allah berfirman :

[21:37] Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perIihatkan kepadamu tanda-tanda azab)-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera.

Lalu bagaimana kita bisa menghindarkan dari sifat buruk diatas, Allah SWT menginformasikan setelah ayat 21 surat Al-Ma’aarij diatas :

[70:22] kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat,
[70:23]
yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya,
[70:24]
dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu,
[70:25]
bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta),[70:26] dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan,
[70:27] dan orang-orang yang takut terhadap azab Tuhannya.
[70:28] Karena sesungguhnya azab Tuhan mereka tidak dapat orang merasa aman (dari kedatangannya).
[70:29] Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya,
[70:30] kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki1513, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.
[70:31] Barangsiapa mencari yang di balik itu1514, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
[70:32] Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
[70:33] Dan orang-orang yang memberikan kesaksiannya.
[70:34] Dan orang-orang yang memelihara shalatnya.

Dari informasi yang Allah berikan dalam Al-Quran diatas, bahwa kita dapat menghindarkan sifat buruk yang menjadi sifat default manusia kita adalah dengan : mengerjakan shalat secara istiqamah,  membayar zakat, infaq dan shadaqah kemudian beriman pada hari hari akhir (hari pembalasan),  menjauhi dosa besar zina,  memelihara amanat dan janjinya (baik amanat jabatan atau kedudukan dikantor/pemerintahan),  orang yang memberikan kesaksian (saya akan lihat di tafsir terlebih dahulu untuk penjelasannya).

Dan mengenai obat dari tergesa-gesa menurut saya adalah sabar. Tidak mudah mengkonfig ulang diri kita dengan settingan baru (bukan settingan default kita) seperti firman Allah dalam surat Al-Insan :

[76:30] Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Maka dari itu, sebaiknya kita selalu berdo’a memohon pada Allah SWT untuk selalu diberi kekuatan untuk istiqamah dalam mengkonfig diri kita agar terhindar dari sifat default manusia seperti Allah SWT firmankan dalam surat Al-Ma’aarij 19-21 dan surat Al-Anbiya ayat 37 diatas. Wallahu a’lam bishowab…


Responses

  1. Kunjungan sesama blogger sob…
    Blognya menarik nih…

    Ditunggu kunjungan baliknya ya…
    Dan jangan lupa komennya…

  2. tafsirnya gimana om admin ? Lalu bgm dg orang yg berkeluh kesah ? Boleh atau tidak ? Batasan boleh atau tidaknya bagaimana ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: