Posted by: calakan | March 7, 2010

review khutbah jum’at : mahabbah

Assalamu’alaikum wr,wb.

Okay, sekarang saya akan mereview kembali ingatan saya tentang khutbah. Kali ini saya shalat jum’at di mesjid di pesantren miftahul Khoir, di Tubagus Ismail VIII. Tema jum’at kali ini membahas mengenai cinta. Ada 5 jenis cinta yang bagus di implementasikan dalam kehidupan kita sehari hari yakni :

  1. Cinta pada Allah SWT
  2. Cinta pada Rasulullah SAW
  3. Cinta pada Ulama
  4. Cinta pada Agama Islam
  5. Cinta pada sesama kaum muslimin

1. Cinta pada Allah :
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 31 :
Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Cinta pada Allah diwujudkan dengan mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Dan darimana perintah dan larangan itu kita ketahui? tentu dari sumbernya yakni Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam ayat tersebut secara tersurat ditegaskan, jika kita benar-benar mencintai Allah SWT, maka kita harus mengikuti Nabi Muhammad SAW

2. Cinta pada Rasulullah Muhammad SAW

Mencintai Rasulullah SAW adalah dengan cara meneladani kehidupan Beliau, akhlaq Beliau.

3. Mencintai para ulama
“Siapa saja yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, Allah memperjalankannya di atas salah satu jalan surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap mereka karena ridha kepada penuntut ilmu. Sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampunan oleh makhluk yang ada di langit dan di bumi hingga ikan yang ada di dasar lautan.  Sesungguhnya keutamaan seorang alim atas seorang abid (ahli ibadah) seperti keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang.  Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, melainkan mewariskan ilmu. Karena itu, siapa saja yang mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang besar.” (HR Abu Dawud, Ibn Majah, at-Tirmidzi, Ahmad, ad-Darimi, al-Hakim, al-Baihaqi dan Ibn Hibban).

Bagaimana realisasi mencintai ulama? salah satunya adalah dengan mengikuti fatwanya, menghormati fatwanya, tidak melakukan fitnah terhadap mereka. Sebagaimana yang terjadi akhir-akhir ini di negeri ini, ulama menjadi bahan olokan dan ejekan… astagfirullah

4. Mencintai agama islam
Mencintai agama islam adalah dengan cara menegakannya, salah satunya yakni dengan rajin melakukan ibadah shalat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW :
“Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama” (HR. Bayhaqi)

5. Mencintai sesama muslim
“Anas r.a berkata bahwa nabi SAW. Bersabda, “tidaklah termasuk beriman seseorang diantara kamu sehingga mencintai saudaranya sebagaimana is mencintai dirinya sendiri.” ( H.R Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasa’i )

Okay, itulah sebagian review khutbah jum’at yang bisa saya tangkap, dengan beberapa tambahan dari saya… yang benarnya dari Allah, yang salahnya adalah mutlak kekhilafan saya sendiri.  Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk untuk selalu bisa berjalan dijalannya yang lurus. Amiiin…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: