Posted by: calakan | March 8, 2010

mengetahui tujuan hidup

Setiap pagi, setelah shalat shubuh berjamaah di mesjid biasanya saya pulang bersama dengan rombongan sepuh-sepuh yang menjadi jamaah masjid, kebetulan rumah kami ada dalam arah yang sama. Dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing itu, sering kami terlibat dalam percakapan, mulai dari masalah agama sampai pada masalah sospol yang sedang hangat di negeri ini misalnya kasus century.

Di rombongan itu saya mengenal seorang sepuh yang baik sekali dan sering memberikan wejangan sambil berjalan. Biasanya saya hanya menjadi pendengar pasif saja, mendengarkan beliau memberikan wejangan mengenai masalah agama. Mengenai pentingnya penegakan syariah dalam kehidupan sehari-hari.  Beliau menegaskan betapa pentingnya kita kembali pada ajaran islam untuk menghadapi setiap permasalahan dalam kehidupan, karena menurut beliau islam adalah agama yang komprehensif, dari sosial, budaya hankam semua ada pada agama ini. Saya hanya bisa mengamini saja pendapat beliau ini. Suatu hari beliau menyatakan keheranannya karena banyak orang yang menolak penegakan syariah dalam kehidupan sehari-hari padahal aturan islam begitu lengkap dan bisa menjadi solusi permasalahan yang dihadapi negeri ini. Tidak biasanya saya yang biasanya diam mendengarkan, saya memberanikan diri untuk berpendapat. Menurut saya mengapa mereka tidak mau menerapkan syariah lebih luas lagi beribadah pada Allah adalah karena manusia lupa tujuan hidup mereka yang sebenarnya. seandainya manusia ingat selalu bahwa akan ada hari akhir, akan ada kehidupan setelah mati,  saya yakin mereka akan bersegera menjalankan setiap perintahNya dan akan menjauhi laranganNya.

Ingat tujuan akhir bisa menjadi penawar bagi kemalasan jiwa dari ketaatan pada Allah SWT, termasuk kemalasan dalam beribadah atau menerapkan syariah dalam kehidupan sehari-hari. Teramat sulit untuk selalu fokus terhadap tujuan akhir hidup di zaman yang serba melenakan ini. Berbagai tawaran kenikmatan duniawi begitu gencar dipromosikan, hanya dengan rahmat dan hidayah Allah sajalah orang akan bisa menghindarkan diri dari tipuan duniawi ini… ya Allah, lindungilah selalu hamba dari tipuan duniawi, kuatkanlah hamba berjalan di jalanMu yang lurus… Amiin wallahua’lam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: