Posted by: calakan | March 22, 2010

review shalat jum’at (mgg kemaren dan mgg sebelumnya)

Assalamu’alaikum wr,wb.

akibat menunda-nunda akhirnya gak jadi terus ingin mereview hasil mendengarkan khutbah shalat jum’at 2 minggu belakangan ini, tapi alhamdulillah tema besarnya saya masih ingat, berikut hasil penerimaan otak saya yang kemudian saya googling lagi beberapa pointnya:

Jum’at 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 13 maret 2010, saya shalat jum’at di mesjid dekat poltek telkom dayeuhkolot. Alhamdulillah waktu itu saya ada wawancara untuk jadi dosen luar biasa di poltek Telkom, dan alhamdulillah keterima.(weh kok jadi ngelantur) okay, back to topic… tema khutbah jum’at waktu itu kalau nggak salah mengenai Taubat. Allah berfirman dalam surat An-nur ayat 31 :

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS. An-Nur: 31)

kemudian khatib menjelaskan syarat-syarat taubah pada Allah, setidaknya ada 3 syarat taubat jika berdosa pada Allah dan ada tambahan 1 syarat jika kita berdosa dengan manusia. Ke empat syarat taubat tersebut adalah :

  1. bertekad meninggalkan/tidak mengulangi dosa yang telah dilakukan
  2. Menyesali dengan sangat dosa yang sudah dilakukan
  3. Bersegera meninggalkan dosa semata-mata ikhlas karena Allah
  4. Jika dosanya menyangkut terhadap hak orang lain, maka diharuskan untuk meminta maaf terlebih dahulu. Jika berupa harta harus dikembalikan atau minta dihalalkan, jika berupa perbuatan tidak menyenangkan harus minta maaf

Demikian, kira-kira yang saya bisa tangkap materi khutbah jum’at 2 minggu yang lalu.

Jum’at 20 maret 2010, saya jum’atan di masjid dekat kantor di daerah Tubagus ismail. Materi jum’at kali ini bertemakan mengenai ukhuwah islamiah, Khatib menyampaikan firman Allah dalam surat Al-Hujurat ayat 13 :

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. QS 49:13

Kemudian khatib juga mengutip hadits Nabi Muhammad SAW yang mengibaratkan kaum muslimin seperti satu tubuh, dimana jika salah satu tubuh sakit maka yang lain akan merasakannya :

”Telah bersabda Rasulullah saw,’Engkau melihat orang-orang beriman dalam saling mengasihi, saling mencintai dan saling menyayangi diantara mereka seperti satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuhnya yang mengeluh kesakitan maka hal itu akan dirasakan oleh seluruh tubuh itu dengan tidak bisa tidur dan demam.” (HR. Bukhori)

Kira-kira itulah yang bisa saya tangkap dan bisa saya share kembali mengenai 2 khutbah jum’at (jum’at kemaren dan jum’at minggu yang lalu).  Yang benar datangnya dari Allah SWT, yang salah adalah murni kesalahan saya sendiri. Wallahua’lam…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: