Posted by: calakan | April 27, 2010

standar international

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita sering mendengar kata ISO yang mengacu pada International Standard Organization, sebuah standard internasional dalam berbagai bidang.  Jujur saja, saya tidak paham banyak mengenai ISO ini selain aturan untuk menstandardisasi beberapa hal entah itu proses pembuatan sebuah produk, atau spesifikasi produk, atau dalam hal lain misalnya dalam proses pemilihan umum.  Saya juga tidak tahu banyak mengenai tujuannya dengan adanya standardisasi ini selain berbaik sangka untuk menjaga mutu atau kualitas yang dapat di terima dan menjadi ukuran baik jeleknya suatu produk atau hal lain. Dan saya merasa tidak ada masalah dengan itu!

Yang menjadi masalah adalah ketika demikian banyak standardisasi-standardisasi tersebut menjadi alat untuk menekan, memaksakan kehendak dari organisasi ISO tersebut supaya orang lain sesuai dengan keinginannya. Misalnya dalam kasus terbaru mengenai pemilihan umum di sudan yang tidak sesuai “standard international”.

Dalam kasus lain, kadin amerika dan eropa yang keberatan dengan sertifikasi halal untuk obat-obatan yang masuk ke tanah air, mengapa mereka tidak menolak dengan ISO dan menolak sertifikasi halal? kalau mereka saja menerapkan iso untuk standardisasi barang-barang yang masuk ke negara mereka mengapa mereka tidak mau mengikuti standard yang dipakai negara indonesia untuk barang-barang mereka yang masuk negara ini. Mereka benar-benar bangsa yang licik, dan mau menang sendiri!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: