Posted by: calakan | November 23, 2010

Qur’an of The Day : al-Anfal 32-33

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Anfal 32-33:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

32. Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik ) berkata : “Ya Allah, jika (al-Qur’an) ini benar (wahyu) dari Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami adzab yang pedih.”

Asbabun nuzul :

Ayat ini diturunkan bekenaan dengan Nadhr bin al-Harits ketika berkata : “Sungguh , ini tidak lain adalah dongeng orang-orang terdahulu,” kemudian dia berdoa dengan penuh pengingkaran dan ejekan.

33.  Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada diantara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.

Asbabun nuzul :

Ayat ini turun ketika Abu Jahal bin Hisyam berkata, “Ya Allah, jika..” bagian akhir ayat ini turun ketika orang -orang musyrik melakukan thawaf di Ka’bah dengan mengatakan, “Ghufranak…. Ghufranak (Ampunilah kami… Ampunilah kami).”

Prof. Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

32. Wahai Nabi, ingatlah ketika kaum musyrikin berkata, ” Ya Allah, jika al-Qur’an yang dibaca Muhammad ini adalah wahyu yang turun dari sisi-Mu, maka hujanilah kami dengan batu dari langit sehingga kami binasa sebagaimana yang telah Engkau timpakan kepada kaum Luth, atau datangkanlah kepada kami adzab lain yang sangat pedih

33. Namun, Allah tidak akan menghukum kaummu dengan adzab yang menghancurkan mereka sampai akar-akarnya, selama engkau (Muhammad) berada diantara mereka, sebagai penghormatan kepadamu. Allah juga tidak akan menghukum mereka di Mekah seperti yang mereka minta, sementara mereka masih memohon ampunan kepada Allah. Mereka berthawaf mengeliling Ka’bah seraya berkata, ” Ampuni kami.”  atau, karena didalamnya terdapat  kaum muslimin yang lemah dan memohon ampunan-Nya. Allahua’lam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: