Posted by: calakan | December 11, 2010

Qur’an of The Day : Surat Yusuf 1-3

Qur’an of The Day kali ini akan masuk ke surat Yusuf,  keistimewaan surat Yusuf sebagaimana dikutip dari al-Qur’an 7 in One terbitan Al-Mahira adalah sebagai berikut :

Allah menyebut surah ini sebagai kisah terbaik, bukti bagi orang yang bertanya,  pelajaran bagi orang yang berakal, dan sebagai pembenaran kitab samawiyah yang diturunkan sebelumnya.

Asbabun nuzul Surat :

Sebagian kaum kafir Mekah bertemu dengan kaum Yahudi dan membicarakan Muhammad. Kaum Yahudi berkata, “Tanyakan kepadanya mengapa keluarga Ya’Qub  pindah dari Syam ke Mesir? Tanyakan juga tentang kisah Yusuf.” Maka, turunlah surah ini.

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf 1-3:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

1. Alif Lam Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (al-Qur’an) yang jelas

2. Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa al-Qur’an berbahasa Arab,  agar kalian mengerti.

3. Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui.

prof Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

1. Alif, Lam Ra,  Susunan huruf-huruf ini sebagai isyarat kemukjizatan al-Qur’an dan tantangan kepada bangsa arab untuk menandinginya. Sebab, ia juga tersusun dari huruf-huruf bahasa Arab: bahasa mereka yang kaya akan ilmu bayan, fashahah dan balaghah. Ayat-ayat dalam al-Qur’an ini jelas menunjukan bahwa ia berasal dari  sisi Allah.

2.   Kami menurunakn al-Qur’an ini dengan bahasa arab agar kalian mempelajari maknanya dan memahami isinya untuk membangun kepribadian individu dan masyarakat.

3. Wahai Nabi, Kami menceritakan kisah yang paling baik tentang umat-umat terdahulu melalui wahyu al-Qur’an ini kepadamu; meskipun sebelumnya kamu tidak mengetahui kisah ini dan kisah-kisah dalam al-Qur’an lainnya.  Cerita dalam surah ini disebut sebagai kisah terbaik,  karena didalamnya  terdapat berbagai pelajaran dan pesan, sejarah para Nabi, orang-orang saleh, malaikat, para raja, hamba sahaya, para pedagang, dan kaum laki-laki serta perempuan. Selain itu , karena setiap orang yang disebut didalamnya adalah orang-orang yang meraih kebahagiaan.

Asbabun Nuzul

Ibnu Abbas menceritakan bahwa mereka berkata, “Wahai Rasulullah, andai saja engkau mengisahkannya kepada kami?” Maka, turunlah ayat tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: