Posted by: calakan | December 14, 2010

Qur’an of The Day : Surat Yusuf ayat 8-10

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf 8-10:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

8. Ketika mereka berkata, “Sesungguhnya Yusuf dan saudaranya (Bunyamin) lebih dicintai ayah daripada kita, padahal kita adalah satu golongan (yang kuat). Sungguh, ayah kita dalam kekeliruan yang nyata.

9. Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu tempat agar perhatian ayah tertumpah kepada kalian, dan setelah itu kalian menjadi orang yang baik.”

10. Seorang diantara mereka berkata, “Janganlah kalian membunuh Yusuf, tetapi masukan saja dia ke dasar sumur agar dia dipungut oleh sebagian musafir, jika kalian hendak berbuat.”

Prof.Dr.Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

8.  Kisah ini menjadi pelajaran : ketika (sebelas orang) saudara-saudara Yusuf berkata tentang ayah mereka,  “Sumpah, Yusuf dan Bunyamin (Saudara kandungnya) lebih dicintai oleh ayah daripada kita, padahal kita adalah kelompok yang kuat dan mampu melayaninya. Ayah benar-benar telah keliru dalam berpikir dengan lebih mencintai Yusuf dan Bunyamin daripada kita.”

9. Mayoritas mereka berkata, “Bunuhlah Yusuf atau buang ke tempat yang jauh dari ayah atau  dari pemukiman supaya perhatian dan kecintaan ayah hanya tertumpah pada kalian. Setelah itu, jadilah umat yang saleh bersama ayah, baik dalam urusan dunia maupun akhirat, dengan menjauhi kegelisahan, kecemburuan, dan kedengkian. Dengan demikian, perhatian ayah akan berpaling dan hanya tertumpu pada kalian.”

10. Seorang di antara mereka, Yahudza, berkata “Jangan bunuh Yusuf. Masukan saja dia ke dasar sumur yang gelap jika kalian hendak menjauhkan dia dari ayah.” Jadi, mereka itu buka para nabi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: