Posted by: calakan | December 20, 2010

Qur’an of The Day : Surat Yusuf ayat 21-22

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf 21-22:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

21. Dan orang dari Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya, “Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, mudah-mudahan dia bermanfaat bagi kita atau kita pungut dia sebagai anak.” Dan demikianlah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di negeri (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti.

22. Dan ketika dia telah cukup dewasa Kami berikan kepadanya kekuasaan dan ilmu. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Syaikh Prof.Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat di atas sebagai berikut :

21. Pejabat Mesir yang membelinya (seorang menteri yang mengurus pembendaharaan negara), berkata kepada istrinya, “Beri dia tempat yang layak. Penuhi semua kebutuhannya dengan baik. Bisa jadi dia bermanfaat bagi kita setelah besar nanti lalu melakukan sebagian pekerjaan. Atau, kita angkat dia sebagai anak karena wajahnya sangat rupawan dan tampan, dia juga terlihat sangat cerdas.” Sebagaimana Kami telah menyelamatkannya dari pembunuhan dan kematian di dalam sumur, Kami juga memberi kedudukan yang mulia di Mesir hingga dia menjadi menteri yang mengurus pembendaharaan negeri tersebut. Kami juga mengajarinya tentang takwil mimpi. Tidak ada sesuatupun yang dapat melemahkan Allah. Segala urusan menjadi menurut kehendak-Nya, meskipun manusia merencanakan sebaliknya. Namun, kebanyakan manusia : kamu musyrikin, tidak mengetahui bahwa Allah memenangkan urusan-Nya dan kuasa melaksanakan kehendak-Nya. Sebab, segala urusan berada dalam genggaman-Nya.

22. Tatkala Yusuf sudah cukup dewasa: saat kekuatan fisik, akal, serta kesadarannya telah matang dan sempurna; berusia antara tiga puluh hingga empat puluh tahun, maka Kami mengangkatnya menjadi nabi dan memberinya hikmah berupa ilmu yang diamalkan, mengetahui rahasia berbagai hal, ilmu agama, dan tafsir mimpi serta berbagai ucapan. Balasan seperti ini, hanya Kami berikan kepada orang-orang yang berbuat baik kepada dirinya sendiri dengan taat kepada Allah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: