Posted by: calakan | December 21, 2010

Qur’an of The Day : Surat Yusuf 23-24

Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf 23-24:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

23. Dan perempuan yang dia (Yusuf) tinggal dirumahnya menggoda dirinya. Dan dia menutup pintu-pintu, lalu berkata, “Marilah mendekat kepadaku.” Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah, sungguh, tuanku telah memperlakukanku aku dengan baik. Sesungguhnya orang yang zhalim itu tidak akan beruntung.”

24. Dan sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Rabbnya. Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh dia (Yusuf) termasuk hambah Kami yang terpilih.

Syaikh Prof.Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

23. Namu Zulaikha, istri pejabat yang membeli Yusuf, merayunya dengan lemah lembut. Zulaikha meminta Yusuf untuk melayaninya. Dia menutup semua pintu dan berkata kepada Yusuf, “Kemarilah, aku bersiap untukmu.” Yusuf berkata kepadanya, “Aku berlindung kepada Allah dari kebodohan dan kefasikan ; dari ajakanmu untuk melakukan perbuatan keji ini. Bagaimana mungkin aku melakukannya, padahal suamimu, tuanku (Qithfir) telah memperlakukanku dengan baik, memuliakanku, dan memercayakanku berbagai urusan kepadaku. Sungguh, orang yang zhalim, yang membalas kebaikan dengan keburukan, tidak akan beruntung.” Ada yang berpendapat bahwa dhamir (kata ganti) dalam lafal innahu itu merujuk kepada Allah, yang berarti : Allah-lah yang menempatkanku dengan baik di negeri asing.

24. Berdasarkan naluri manusianya, sebenarnya mereka berdua saling menginginkan. Hanya saja, keinginan Zulaikha itu ingin dia tuntaskan, sedangkan Yusuf tidak ingin melakukannya. Andai saja tidak ada sifat kenabian serta peringatan dan pengawasan Allah untuk selalu taat, tentu dia telah memenuhinya. Ketetapan hati serta penglihatannya terhadap peringatan Allah itu Kami tujukan agar dia tidak mengkhianati sang menteri dengan menyentuh istrinya, juga agar dia terhindar dari kenistaan perbuatan zina. Sungguh, Yusuf adalah hamba pilihan untuk mengemban risalah dan menaati-Nya. Yakni, Allah menyucikannya dari segala kekurangan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: