Posted by: calakan | December 24, 2010

Qur’an of The Day : Surat Al-Kahfi

Edisi spesial QuoTeD jum’at

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Kahfi 17-18:
Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahiim,

17.  Dan engkau akan melihat matahari terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barang siapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barang siapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

18. Dan engkau mengira mereka itu tidak tidur, padahal mereka tidur; dan Kami bolak-balikan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka membentangkan kedua lengannya di depan pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentu kamu akan berpaling melarikan (diri) dari mereka dan pasti kamu akan dipenuhi rasa takut terhadap mereka.

Syaikh Prof.Dr. Wahbah Zuhaili menafsirkan ayat-ayat diatas sebagai berikut :

17.Kamu bisa melihat matahari terbit yang condong dan menyimpang dari gua mereka dari sebelah kanan pintu gua. Ketika matahari terbenam, meninggalkan dan melewati mereka dari sebelah kiri gua, sinarnya tidak memasuki gua, dan mereka berada di tengah gua yang luas. Yang dialami para pemuda itu, seperti menyimpangnya sinar matahari dari mereka dan terjaganya tubuh mereka dalam keadaan hidup, merupakan sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Orang yang diberi taufik oleh Allah pada hidayah dan kebenaran, dialah orang yang mendapat petunjuk; dan orang yang ditinggalkan Allah dan dijauhkan dari rahmat-Nya, maka kamu tidak akan pernah mendapatinya memiliki satu penolongpun yang akan membantu dan memberinya petunjuk.

18. Kamu mengira mereka terbangun dan sadar karena mata mereka sedikit terbuka. Padahal, sebenarnya mereka tidur. Kami bolak-balikan mereka ke kanan dan ke kiri, agar jasad mereka tidak dimakan tanah. Sementara itu, anjing mereka (Qithmir) membantangkan kedua tangannya di halaman gua dekat pintu.  Seandainya kamu melihat kondisi mereka, kamu akan berpaling sambil melarikan diri, karena ketakutan dan rasa kaget memenuhi dadamu.


Leave a Reply

Categories

